Home » , , » Mengenal Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA)

Mengenal Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA)

Mengenal Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA)
Sumber gambar : geografiselly.wordpress.com
Mengenal Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa atau disingkat dengan IPBA ini merupakan kelanjutan dari postingan Bencana Alam Kebumian, meskipun sebenarnya dikenalkan dulu IPBA nya. Karena materi Bencana Alam Kebumian merupakan bagian dari materi IPBA. Tapi begitulah gagasan yang bisa muncul secara tiba-tiba, sayang kalau ditunda-tunda nanti malah hilang semangatnya.

Materi IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa) telah dikenalkan sejak SD, bahkan anak kelas 1 pun sudah sedikit-sedikit mengenalnya. Teringat beberapa soal anak saya, yang menanyakan tentang benda langit yang kelap-kelip pada malam hari. Ada 3 pilihan yaitu bulan, bintang dan matahari. Demikian juga soal-soal lain seperti pertanyaan di sebelah manakah matahari berada saat pagi hari. Materi IPBA ini akan terus berlanjut sampai kelas VI SD, yang sudah mengenal tentang tata surya, pengaruh rotasi dan revolusi bumi. Untuk tingkat SMP, materi IPBA sampai mengenal hukum keppler, perhitungan perbedaan waktu berdasar garis bujur, sampai penerbangan luar angkasa. Di SMA, materi IPBA ini terus diperdalam. Hukum Keppler pun sudah sampai perhitungannya. Teori pembentukan jagat raya pun diperdalam dan seterusnya.

Dalam buku berjudul Ilmu Kebumian dan Antariksa yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Bayong Tyasyono HK,. DEA materi Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) memuat berbagai materi sebagai berikut :
Model Tata Surya
Alam Semesta
Bintang Representatif : Matahari
Planet Bumi
Atmosfer Bumi
Hidrosfer
Litosfer
Bencana Alam Kebumian di Indonesia

Dalam bagian kata pengantar buku ini disebutkan bahwa buku Ilmu Kebumian dan Antariksa yang sering disebut juga sebagai IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa), bukan saja ditujukan untuk mahasiswa dan guru IPA, tetapi juga bagi mahasiswa yang mempelajari geografi, geofisika, geologi, ilmu kebumian, kelautan, lingkungan, meteorologi, oseanografi, sains atmosfer dan lain-lain. Karena memang IPBA ini mempelajari bumi dalam tata surya dan lapisan-lapisannya dari pusat bumi sampai puncak atmosfer. Artinya materi pada IPBA ini memang berkaitan dengan bidang-bidang ilmu lain seperti disebutkan di atas. Dalam IPBA, materi mengenai lapisan bumi seperti litosfer, hidrosfer, atmosfer dan ruang angkasa di luar atmosfer bumi dibahas secara mendetail.

Sebagai gambaran awal dapat dijelaskan bahwa bumi merupakan bagian dari tata surya dengan matahari sebagai pusatnya. Matahari terletak pada galaksi Bima Sakti. Galaksi disebut juga dengan kumpulan bintang-bintang. Matahari sendiri termasuk bintang yang relatif kecil di jagat raya tetapi berperan penting karena paling dekat dengan bumi.

Jarak antar bintang dinyatakan dengan tahun cahaya. Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun. Jarak matahari ke bumi sekitar 150 juta km, sedangkan jarak bintang - matahari yang terdekat kedua adalah Alpha Centauri yang berjarak 4,35 tahun cahaya atau jarak bumi - Alpha Centauri adalah 270.000 kali jarak bumi - matahari. Luar biasa bukan perbandingannya? Kalau begitu berapa ukuran jagat raya ini sesungguhnya? Wallahu alam. Yang jelas tak terkira keagungan Sang Pencipta.


Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

1 Post a Comment:

Channel Youtube

Postingan Acak

Total Tayangan Halaman

Pengikut