Home » , » Belajar Sains Melalui Permainan

Belajar Sains Melalui Permainan

Bermain dengan pengetahuan
Belajar sains melalui permainan, bisa menjadi salah satu cara untuk mengajarkan sains dengan cara menyenangkan. Buku Spiel-das Wissen schafft by Otto Maier Verlag Ravensburg yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berjudul Bermain dengan Pengetahuan, adalah salah satu buku yang mengajarkan berbagai pengetahuan lewat permainan.

Melalui buku ini, kita diajak untuk memahami ilmu-ilmu pengetahuan (fisika, kimia, biologi dan astronomi) secara mendasar. Permainan-permaian yang didemontrasikan dalam buku ini didasarkan pada hukum alam yang berlaku. Tentunya dasar pengetahuan akan terpahami dengan baik, jika kita sendiri yang mempraktekannya.

Ada 200 percobaan dalam buku tersebut yang terbagi dalam

  1. Dari dunia astronomi
  2. Percobaan dengan tumbuhan
  3. Kimia dalam rumah tangga
  4. Percobaan dengan arus listrik
  5. Bermain dengan listrik statis
  6. Percobaan dengan kemagnetan
  7. Tekanan dan aliran udara
  8. Percobaan dengan panas
  9. Mengatsir dan menguap
  10. Dingin dan es
  11. Berbagai permainan dengan zat cair
  12. Benda terapung dan gaya apung
  13. Titik berat dan gaya berat
  14. Permainan gaya teknik
  15. Kelembaman benda
  16. Bermain dengan bunyi dan nada
  17. Percobaan dengan cahaya
  18. Indera kita tertipu
Luar biasa lengkapnya percobaan yang dijelaskan pada buku Bermain dengan Pengetahuan. Dan bagusnya lagi, alat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan tersebut mudah ditemukan di rumah. Misalnya untuk menguji kelembaman benda, kita cukup membutuhkan sebatang pensil dan selembar kertas. Percobaan kelembaman yang lain menggunakan dadu dan uang logam. Ada juga yang menggunakan telur, korek api, papan dan gelas,

Misalkan lagi pada percobaan mengenai tekanan dan aliran udara. Cukup menggunakan sapu tangan, gelas dan air dalam baskom. Untuk membuat roket udara cukup menggunakan botol plastik dan tutupnya, sedotan plastik, plastisin dan jerami. Untuk membuktikan adanya tekanan udara lawan berat angin cukup menggunakan corong, botol, jerami dan air.

Meskipun dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana, tetapi percobaan yang dilakukan pada buku bermain dengan pengetahuan ini sangat bagus menghantarkan bagi siapapun yang melakukan praktek agar dapat menguasai dasar-dasar sains dengan baik.

Selamat mencoba.

Thanks for reading & sharing Sains Multimedia

Previous
« Prev Post

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Channel Youtube

Postingan Acak

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Pengikut